Kamis, 03 November 2011 By: Bhayangkari08

Perubahan Iklim


Isu perubahan iklim merupakan isu utama yang sedang dihadapi oleh lingkungan global di planet bumi. Dampak perubahan iklim sudah sangat dirasakan oleh seluruh penguni bumi.
Meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi menyebabkan terjadinya perubahan  pada unsur-unsur iklim lainnya, seperti naiknya suhu air laut, meningkatnya penguapan di udara, serta perubahan pola curah hujan dan tekanan udara yang pada akhirnya merubah pola iklim dunia.
Adapun dampak  yang sudah sangat terliahat jelas, antara lain krisis air bersih, meluasnya penyakit tropis seperti malaria, demam berdarah dan diare, kebakaran hutan, serta hilangnya spesies flora dan fauna karena tidak dapat beradaptasi dengan perubahan suhu di bumi.
Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim sangat ekstrim sekali ini adalah, kerusakan hutan yang tidak terkendali, penggunaan energi yang berlebuhan, pertanian, sampah dan lain sebagainya yang menyebabkan tinggi emisi karbon sehingga menyebabkan efek rumah kaca.
Heri yanto, jurnalis, selasa(1/11) mengatakan bahwa media massa mempunyai peranan penting, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang perubahan iklim. Agar masyarakat terbangun kesadaran dan berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya supaya perubahan iklim tidak terjadi secara ekstrim.
Dalam hal ini, masyarakat lokal sangat berperan penting karna mereka bersentuhan langsung dengan permasalahan perubahan iklim.

0 komentar:

Posting Komentar